Tentang

Pondok Pesantren Modern IT Terbaik di Malang, Jawa Timur, Indonesia
AN NUR 3 Murah Banyu Bululawang
Profil Pondok Pesantren Annur 3 "murah Banyu"

Pondok Pesantren Annur 3 murah banyu adalah salah satu lembaga pendidikan islam yang berada di bawah naungan pondok pesantren annur bululawang. Pondok yang merupakan perkembangan pondok pesantren bululawang ini menjadi tanda bahwa telah berdiri satu lagi wadah penegak panji-panji islam, yakni agama yang dibawah oleh Rosulullah SAW. Di pondok inilah akan tumbuh tunas-tunas manusia prouktif yang akan berkreasi dan berinovasi dalam segala bidang, terus megakar lebih jauh menyebar agama Allah dan menjembatani dinamika masa kini dengan berpegangan teguh pada Ahlussunnah wal jama’ah. Tunas-tunas manusia produktif inilah yang intregitasnya dinanti-nanti oleh masyarakat, dan merekalah yang akan menumbuhkan kembali tunas-tunas
generasi produktif yang shalihin dan sholihat di masa-masa mendatang. Sehingga perjuangan mereka adalah jihad fi sabililah yang menjadi keberkahan bagi agama, nusa dan bangsa. Amin ya robbal alamin.

Pada tahun 1984, kyai H Anwar Nur mengutus putra ke tiganya yakni KH Ahmad Qusyairi Anwar untuk melakukan perkembangan Pondok Peantren Annur. Berkolaborasi sekitar 500 M dari pondok pesantren annur, KH Ahmad Qusyairi Anwar mendirikan sebuah rumah bersama istrinya nyai Hj Umi Kiltsum. Pada mulanya pondok pesantren annur 3  ini hanya berupa sebuah rumah dengan 4 santri yang ikut mengaji kepada KH Ahmad Qusyairi Anwar. Dari 4 santri putri itulah kemudian bertambah semakin banyak dari hari ke hari, syiar agama yang dikembagkan di pondok pesantren annur 3 ini mulai didengar oleh banyak orang di penjuru Kabupaten Malang. 
Hingga saat ini santri KH.Ahmad Qusyairi sudah mencapai sekitar 500 santri untuk kalangan santri putri, sedangkan untuk kalangan santri putra mencapai sekitar 200 santri dikalangan santri putra. Semakin lama Pondok Annur 3 semakin memberikan wadah untuk belajar, karena bukan hanya untuk kalangan anak-anak yang dapat mengaji di annur 3, untuk para wali santri juga di sediakan yang selalu dilaksanakan pada hari ahad pukul 05.30 hingga 06.30. Pengajian rutin Ahad Pagi.

Dilanjutkan dengan penamaan ‘Murah banyu’ adalah terjadi ketika awal-awal perkembangan annur 3. Saat itu, dikarenakan lokasi Podnok Pesantren masih dikelilingi oleh hutan pekarangan, para santri kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pengairan. Dalam keadaan seperti itu, KH Ahmad Qusyairi Anwar mengutus para santrinya untuk mendapatkan kebutuhan pengairan dari ‘kalimanten’ sebuah sungai yang terletak tidak jauh dari pondok pesantren. Hal ini sempat menimbulkan kontra dari beberapa orang yang tingga di dekat pondok pesantren berkaitan dengan posisi santri-santri KH Ahmad Qusyairi Anwar adalah santri-santri putri. Selang beberapa tahun, KH Ach. Qusyairi Anwar mulai melakukan penggalian sumur dari belakang area pesantren guna memenuhi kebutuhan pengairan bagi para santri. Setelah air sudah mulai lancar dan kebutuhan para santri mulai terpenuhi dengan baik, bahkan tergolong melimpah, maka di tambahkan nama “murah Banyu” di belakang Pondok Pesantren Annur 3 sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah karena telah dimudahkan kebutuhan pengairan di pondok pesantren. Sejak saat itulah nama “Murah Banyu” yang disandang dalam Annur 3 menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan sebagai jalan untuk mengembangkan pondok pesantren lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesantren AN NUR 3